Monday, June 5, 2017

Penjelasan Lengkap Pengertian Limbah B3 dan contohnya

Berikut 5 Pengertian Limbah B3 dari Para Ahli

(www.limbahb3.id) Selamat malam rekan sekalian. Semoga selalu dalam keadaan sehat. Sebagaimana artikel saya sebelumnya, kali ini saya ingin membahas tentang pengertian Limbah B3 dari para ahli. Limbah B3 ada disekitar kita. Tidak hanya dihasilkan dari kegiatan industri namun juga dihasilkan dari rumah kita. Lantas limbah B3 itu apa sih? Nah berikut ini saya akan memberikan penjelasan lengkap pengertian limbah B3 dan contohnya dari para ahli di dunia.

Pertama: Pengertian Limbah B3 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2014

Menurut Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2014Limbah B3 adalah suatu usaha dan atau kegiatan yang mengandung B3. Di dalam PP No. 101 Tahun 2014 dijabarkan juga apa itu Limbah dan apa itu B3. Menurut Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2014 limbah itu adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan. Sedangkan pengertian B3 menurut Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2014 adalah zat, energi, dan/atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain.
Cover SOP Limbah B3 dari suatu perusahaan
Cover SOP Limbah B3 dari suatu perusahaan
Jadi bila kita simpulkan menurut Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2014 sejatinya pengertian

"Limbah B3 adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan berupa zat, energi, dan atau komponen lain yang karena sifat, konstentrasi, dan atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan atau merusak lingkungan hidup, dan atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan serta kelangsungan hidup manusia dan mahluk hidup lainnya."

Kedua: Pengertian Limbah B3 menurut United Stated - Environment Protection Agency (Badan Perlindungan Lingkungan Hidup - Amerika Serikat)

US EPA mendefinisikan Limbah B3 adalah limbah yang dengan karakteristiknya membuat berbahaya atau memiliki kemampuan memberikan efek berbahaya pada kesehatan manusia atau lingkunugan yang dihasilkan dari banyak sumber mulai dari proses industri sampai baterai dan bisa datang dalam berbagai bentuk termasuk cairan, gas, padatan maupun lumpur.

Ketiga: Pengertian Limbah B3 menurut Australia Government - Department of Environment and Energy (Badan Lingkungan Hidup dan Energi - Australia)

Pemerintah Australia melalui Badan Lingkungan Hidup dan Energi-nya mendefinisikan limbah B3 menjadi 4 macam berdasarkan Undang - Undang Ekspor Impor Tahun 1989, yaitu:
  1. Limbah yang memiliki karakteristik seperti disebutkan dalam Lampiran III pada Konvensi Basel yaitu limbah yang mudah meledak, limbah cair atau padat yang mudah terbakar, limbah yang beracun, dan limbah infeksius.
  2. Limbah yang masuk dalam Lampiran I pada Konvensi Basel kecuali jika tidak memiliki karakteristik berbahaya pada Lampiran III Konvensi Basel. Yaitu meliputi limbah medis; limbah oli; limbah cair; hidrokarbon/campuran air; pengumulsi; limbah yang berasal dari kegiatan produksi yang menggunakan resin, lateks, bahan plastik, maupun lem; limbah yang berasal dari pemurnian logam dan plastik, limbah yang berasal dari pembuangan limbah industri dan limbah yang mengandung senyawa tertentu seperti tembaga, seng, kadmium, merkuri, timbal dan asbes.
  3. Limbah yang berasal dari aktivitas rumah tangga. dan
  4. Limbah yang berasal dari pembakaran limbah rumah tangga.


Keempat: Pengertian Limbah B3 menurut Occupational Safety and Health Administration (OSHA) - Department Of Labor US (Badan Tenaga Kerja Amerika Serikat)

Menurut OSHA, Limbah B3 adalah limbah yang terbentuk dari senyawa berbahaya yaitu senyawa yang akan, atau mungkin mengakibatkan dampak buruk pada petugas kesehatan atau petugas keselamatan kerja.

Kelima: Pengertian Limbah B3 menurut Resource Conservation and Recovery Act (RCRA)

Menurut RCRA, Limbah B3 adalah limbah padatan atau gabungan dari berbagai limbah (padat, cair, dan atau gas) yang jumlah dan atau karakteristiknya memiliki sifat:
  1. Mampu mengakibatkan timbulnya penyakit atau mampu menyebabkan semakin parahnya suatu penyakit yang bisa jadi tidak dapat disembuhkan atau dapat membuah kelumpuhan.
  2. Mampu menyebabkan timbulnya gangguan atau bisa jadi memiliki potensi timbulnya gangguan terhadap kesehatan manusia dan atau lingkungan hidup apabila tidak diolah, diangkut, disimpan, dibuang dan atau dikelola dengan baik.

Nah, demikian penjelasan lengkap pengertian limbah B3 dari para ahli. Lantas apa saja sih contoh limbah B3 dalam kehidupan sehari - hari. Yuk simak penjelasan singkatnya dibawah ini:

Contoh limbah B3 dalam kehidupan sehari-hari

Limbah B3 itu berbahaya sekali bagi mahluk hidup apalagi manusia. Karena sifatnya yang berbahaya itu maka kita perlu berhati - hati dalam penggunaannya karena tanpa kita sadari segala aktifitas kita di rumah itu tidak bisa lepas dari Limbah B3. Lantas kira - kira apa saja contoh limbah B3 dalam kehidupan sehari - hari kita? Berikut ini penjelasannya!
  1. Bekas kaleng pengharum ruangan. 
  2. Bekas botol kemasan pemutih pakaian.
  3. Bekas kemasan deterjen pakaian.
  4. Bekas botol kemasan pembersih kamar mandi.
  5. Bekas botol pembersih kaca/jendela.
  6. Bekas kemasan pembersih lantai.
  7. Bekas botol pembasmi serangga,
  8. Bekas batu baterai.
  9. Bekas lampu ruangan.
  10. Bekas elektronik (TV, radio, hp, dll).
Kalau dari rumah kita sendiri ada limbah B3, bagaimana dengan contoh limbah B3 di industri? Yuk simak penjelasan singkatnya dibawah ini.
Tumpukan filter bekas di TPS LB3 suatu perusahaan
Tumpukan filter bekas di TPS LB3 suatu perusahaan

Contoh limbah B3 industri

Limbah B3 dari proses industri lebih banyak daripada limbah yang dihasilkan dari aktivitas di rumah. Nah berikut ini sedikit penjelasan mengenai contoh limbah B3 industri.
  1. Limbah B3 Industri Kelapa Sawit. Industri kelapa sawit menghasilkan limbah pestisida dari kegiatan pembasmian hama dan penyakit tanaman kelapa sawit, selain itu industri ini juga banyak menghasilkan limbah oli bekas, filter bekas, kain majun bekas yang berasal dari kegiatan bengkel kendaraan.
  2. Limbah B3 industri pupuk anorganik. Industri pupuk banyak menggunakan senyawa - senyawa kimia terutama urea, ZA, TSP, DSP dan lain - lain. Sehingga industri ini banyak menghasilkan limbah B3 terutama dari hasil sampingan senyawa tadi.
  3.  Limbah B3 industri perekat/lem. Industri ini banyak menghasilkan limbah B3 terutama yang berasal dari lumpur encer yang mengandung adhesive atau sealant yang mengandung pelarut organik.
Nah demikian uraian singkat mengenai pengertian limbah B3 dan contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan sekalian. Jika berkenan, mohon dibantu untuk dibagikan kepada rekan - rekannya yang lain. Terima kasih.


Catatan:
Artikel diolah dari berbagai sumber dan ditulis kembali sesuai dengan gaya penulisan saya. Kesamaan tulisan memungkinkan terjadi karena beberapa pengertian - pengertian yang tertulis disini menggunakan referensi umum dari peraturan pemerintah. Foto - foto yang digunakan sebagian berasal dari google dan telah mencantumkan sumber foto. Selain dari google, foto yang diberi watermark "www.limbahb3.id" merupakan foto dari dokumentasi saya pribadi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon