Saturday, June 3, 2017

Menurut Pemerintah limbah B3 adalah

Menurut PP No. 101 Tahun 2014 Limbah B3 adalah

(limbahb3.id) Selamat sore rekan sekalian. Kali ini saya ingin membahas mengenai apa itu pengertian Limbah B3. Seperti yang teman - teman ketahui, limbah B3 tidak hanya berasal dari kegiatan industri, tapi juga berasal dari aktifitas kita sehari - hari di rumah. Nah, seperti apa sih Limbah B3 itu? Menurut Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2014, Limbah B3 adalah suatu usaha dan atau kegiatan yang mengandung B3.
Contoh limbah B3
Limbah B3 dibuang sembarangan ke lingkungan
Di dalam PP No. 101 Tahun 2014 dijabarkan juga apa itu Limbah dan apa itu B3. Menurut Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2014 limbah itu adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan. Sedangkan pengertian B3 menurut Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2014 adalah zat, energi, dan/atau
komponen lain yang karena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain.

BACA JUGA:
Limbah B3 (Penjelasan Lengkap A - Z)
Contoh Limbah B3
Pengertian Limbah B3
Karakteristik Limbah B3
Penanganan Limbah B3

Jadi bila kita simpulkan menurut Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2014 sejatinya pengertian

"Limbah B3 adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan berupa zat, energi, dan atau komponen lain yang karena sifat, konstentrasi, dan atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan atau merusak lingkungan hidup, dan atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan serta kelangsungan hidup manusia dan mahluk hidup lainnya."

Kemudian apa saja contoh Limbah B3 di sekitar kita? Nah simak penjelasan dibawah ini.

Contoh limbah B3 dalam kehidupan sehari-hari

Limbah B3 itu berbahaya sekali bagi mahluk hidup apalagi manusia. Karena sifatnya yang berbahaya itu maka kita perlu berhati - hati dalam penggunaannya karena tanpa kita sadari segala aktifitas kita di rumah itu tidak bisa lepas dari Limbah B3. Lantas kira - kira apa saja contoh limbah B3 dalam kehidupan sehari - hari kita? Berikut ini penjelasannya!
  1. Bekas kaleng pengharum ruangan. 
  2. Bekas botol kemasan pemutih pakaian.
  3. Bekas kemasan deterjen pakaian.
  4. Bekas botol kemasan pembersih kamar mandi.
  5. Bekas botol pembersih kaca/jendela.
  6. Bekas kemasan pembersih lantai.
  7. Bekas botol pembasmi serangga,
  8. Bekas batu baterai.
  9. Bekas lampu ruangan.
  10. Bekas elektronik (TV, radio, hp, dll).
Semua limbah B3 diatas berbahaya bagi kesehatan kita. Lantas kira - kira apa dampaknya bagi kesehatan kita? Ini yang perlu kalian ketahui dari dampak Limbah b3 itu.


Dampak limbah B3

Limbah B3 yang sengaja maupun tidak sengaja kita buang langsung ke lingkungan mampu memberikan dampak bahaya bagi lingkungan sekitar termasuk kesehatan kita. Menurut Missouri Department of Health and Senior Services dampak buruk limbah B3 adalah kematian bagi manusia. Limbah B3 dapat memberikan efek mematikan bagi mahluk hidup termasuk manusia melalui paparan bahan - bahan kimia yang masuk ke tubuh kita. 
Sejatinya efek kesehatan yang merugikan itu bergantung pada tingkat faktor paparan bahan kimia. Lanjut menurut Missouri Departement of Health and Senior Services ada 4 (empat) faktor paparan bahan kimia yang membahayakan kesehatan, yaitu:
  1. Jenis bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh kita atau terkena kulit kita.
  2. Jumlah atau dosis bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh kita atau terkena kulit kita.
  3. Durasi waktu paparan yang terjadi.
  4. Frekuensi seberapa banyak paparan diterima oleh tubuh kita.
Dampak limbah B3 yang sebegitu bahayanya tentu perlu kita sikapi dengan bijak. Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana kita menangani limbah B3 tersebut? Nah berikut ini penjelasan singkatnya.

Cara penanganan limbah B3

Limbah B3 disekitar kita ternyata berbahaya bagi kesehatan kita. Bila kita sembarangan menanganinya bisa - bisa nyawa kita jadi taruhannya. Kemudian bagaimana donk cara kita menanganinya? Nah simak tips - tips berikut ini.
  1. Hindari meletakan bekas kemasan limbah B3 seperti kemasan deterjen, pemutih pakaian, pembersih kaca, pembersih lantai dan pembasmi serangga dekat dengan sumber air (sumur, bak mandi, ember kamar mandi, dll) karena khawatirnya tanpa sengaja kita memasukkan sisa limbah B3 tersebut ke dalam air. Bila terminum bisa menyebabkan keracunan dan bila terkena kulit bisa menyebabkan iritasi. 
  2. Simpan bekas kemasan limbah B3 dan tempatkan dalam wadah tertutup serta jauhkan dari jangkauan anak - anak.
  3. Pisahkan limbah B3 dengan limbah organik maupun non organik.
  4. Buang limbah B3 ditempat yang telah ditentukan oleh pemerintah.
Nah, demikian sedikit tips dari saya tentang cara penanganan limbah B3. Demikian juga penjelasan singkat mengenai apa itu limbah B3. Semoga tulisan kali ini bermanfaat. Jika berkenan, bantu saya untuk menyebarluaskan tulisan ini ke teman - teman anda sekalian. Caranya dengan menekan tombol share ke media sosial rekan sekalian. Terima kasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon